Gejala Demam Berdarah Pada Anak Umur 1 – 3 Tahun

Posted on

Mengenal Gejala Demam Berdarah Pada Anak Umur 1 Hingga 3 Tahun Dan Penanganannya – Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki berbagai jenis penyakit yang dapat dialami oleh penduduknya, salah satunya adalah gejala demam berdarah pada anak umur 1 hingga 3 tahun yang patut untuk diperhatikan dengan lebih detail oleh orang tua.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

 

Gejala Demam Berdarah Pada Anak Diatas 4 Tahun

Tanda-tanda atau ciri awal penyakit demam berdarah pada anak akan terlihat jelas, diantaranya adalah gejala sakit yang paling umum, yaitu seperti:

  1. Sakit kepala.Seperti rasa nyeri yang menekan.
  2. Demam.Suhu tubuh naik dari kondisi normal.
  3. Nyeri sendi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya meskipun termasuk penyakit yang berbahaya, demam berdarah dapat sembuh dengan menggunakan pengobatan yang alami setelah penderitanya mengalami sakit seminggu. Akan tetapi, tidak sedikit balita yang mengalami penyakit demam berdarah namun tidak menimbulkan tanda-tanda yang lebih spesifik.

Beberapa Kasus DBD Pada Balita tidak Menunjukan Gejala Yang Jelas

Pada beberapa kasus, balita yang menderita penyakit demam berdarah tidak mengalami beberapa tanda yang menunjukkan bahwa dirinya telah terkena virus yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah, sehingga terkadang terlambat untuk ditangani. Gejala demam berdarah pada anak umur 1 hingga 3 tahun secara umum dapat dialami oleh balita yang terkena virus demam berdarah selama tujuh hari atau lebih.

 

Seperti yang telah diketahui bahwa virus yang menyebabkan penyakit demam berdarah dibawa oleh salah satu jenis serangga, yaitu nyamuk Aedes aegypti yang memang terinfeksi oleh virus. Pada beberapa kasus ada pula penderita demam berdarah yang mengalami sindrom DSS atau Dengue Shock Syndrome.

Sindrom yang langka atau DSS akan membuat penderitanya mengalami suatu keadaan shock atau kekagetan yang luar biasa, bahkan dapat menyebabkan kehilangan nyawa secara langsung.

Gejala Demam Berdarah Pada Anak 1-3 Tahun

Berikut ini ada beberapa tanda atau ciri yang termasuk ke dalam gejala demam berdarah pada anak umur 1 hingga 3 tahun, diantaranya adalah:

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Mengalami Demam dan Nyeri Sendi / Otot

mengalami demam yang hebat tanpa sebab dan tiba-tiba dengan suhu badan yang mencapai 40 derajat Celcius. Selain demam yang sangat tinggi, bagian otot-otot tulang atau sendi pun mengalami nyeri, kemudian penderitanya akan mengalami sakit mata yang disertai dengan pusing atau sakit kepala yang luar biasa. Selain itu, kadang muncul juga darah yang keluar dari hidung atau disebut mimisan.

Gejala Lain Berupa Bercak Merah Pada Kulit

Selain keempat tanda-tanda atau ciri yang dapat menunjukkan bahwa seorang balita terkena virus demam berdarah, masih ada tanda lain, yaitu muncul bercak-bercak merah pada kulit anak balita da nada pula tanda yang menyerupai memar pada kulit anak. Gejala demam berdarah pada anak umur 1 hingga 3 tahun

Nafsu Makan Berkurang, Muntah-Muntah

Yang terakhir adalah nafsu makan yang menurun karena adanya gejala flu, mual karena perut yang sakit, dan bahkan disertai dengan muntah-muntah, sehingga anak menjadi tidak nafsu makan. Balita yang terserang virus demam berdarah untuk pertama kalinya secara umum tidak akan terlalu serius dan membahayakan, akan tetapi tetap harus mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Penanganan Pertama Untuk Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Memberikan Air Minum Yang Banyak

Penanganan pertama kali pada balita yang terjangkit virus demam berdarah adalah dengan memberikan minum dengan jumlah banyak agar anak tidak mengalami dehidrasi. Pada saat ini obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah memang belum ada, sehingga hanya diberikan pertolongan pertama saat gejala-gejalanya mulai terlihat.

Memberikan Obat Penurun Panas

Selain pemberian minum yang banyak, anak balita yang mengalami tanda-tanda penyakit demam berdarah diberikan obat turun panas dan obat pereda nyeri agar panas tidak semakin tinggi dan nyeri-nyerinya pun akan berkurang. Gejala demam berdarah pada anak umur 1 hingga 3 tahun memang tidak terlalu serius terutama bagi balita yang baru pertama kali terkena penyakit ini, namun pertolongan pertama tetap harus dilakukan.

Segera Bawa Ke Dokter Jika Terlihat Gejala Demam Berdarah

Untuk keselamatan si anak, maka anda harus segera memeriksakan anak anda ke dokter, hal ini untuk mencegah bertambah parahnya penyakit demam berdarah yang menjangkit. Sekian tips kesehatan kali ini, jika ada yang ingin menambahkan silahkan berkomentar di bawah.

Terima kasih telah membaca artikel tentang gejala demam berdarah pada anak, ciri ciri demam berdarah pada anak. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

2 thoughts on “Gejala Demam Berdarah Pada Anak Umur 1 – 3 Tahun

  1. Dok. Saya mau tanya. Nii anak saya sedang alami seperti ini :
    – batuk
    – panas sampai 39 dalam 1 hari pertama, kmren saya cek
    – mata berair
    – keluar ingus kayak pilek gitu
    – gak mau makan, mual*

    Sudah. Tp dia itu tetap lincah. Cm gak selincah biasanya dok.

    Apa bnr anak saya mengalami db? Mohon penjelasannya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.