Hal yang Dilarang Bagi Ibu yang Sedang Menyusui

Posted on

Larangan Untuk Ibu Menyusui

Yang namanya larangan sudah pasti tidak boleh dilakukan. Yang namanya larangan memang harus dijauhi, karena ketika larangan tersebut dilanggar, maka efeknya akan ada. Entah itu dampak besar, atau dampak yang kecil akan tetapi dengan melanggar peraturan yang ada maka sudah dipastikan bahwa anda akan mendapatkan sebuah efek , dampak , atau sanksi .Sekolah saja harus ada jam masuknya, kalau mengantri saja sudah ada aturannya, begitupun dalam pergaulan ada aturannya. Aturan mengatur soal banyak hal, dan umumnya terdiri dari larangan beserta kewajiban . Dan untuk itulah anda harus mengikuti aturan yang ada agar anda tidak mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi ketika anda melanggar sesuatu yang memang dampaknya besar , yang dampaknya akan merusak , tidak hanya diri anda namun juga orang lain. Itulah yang terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan . Ketika seorang ibu baru saja mengalami proses melahirkan, ketika proses persalinan sudah selesai dilakukan maka tahap selanjutnya yang akan dialami seorang ibu adalah bagaimana ia bisa merawat anaknya yang baru lahir.

Setelah 9 bulan mengalami proses mengandung yang penuh dengan pengalaman dan kesusahan, dan ketika melahirkan pun mengalami rasa sakit hingga sampai bertaruh nyawa , maka setelah semua itu selesai dialami oleh seorang ibu, maka ujian besar yang dialami berikutnya adalah bagaimana bisa membesarkan anak , memberikan , mencukupkan kondisi jasmani anak hingga dia bisa diasuh oleh orang lain , bisa saja kakeknya, neneknya, saudaranya, atau pun diserahkan kepada para pengasuh. Namun ketika bayi baru saja dilahirkan sudah merupakan kewajiban seorang ibu untuk merawatnya dahulu. Dan ketika merawat bayi nya tersebut, di sanalah sebenarnya proses yang paling menyenangkan untuk seorang ibu, menunjukkan kedekatan dan ikatan batin antara anak dan ibunya. Meskipun pada umumnya, merawat anak yang baru saja lahir tergolong sulit. Banyak aturan-aturan yang mengaturnya , banyak hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu. Buah Untuk Ibu Menyusui

Dan di sanalah peran penting seorang ayah, di saat seperti itulah kontribusi dan tanggung jawab seorang ayah dibuktikan. Ketika ibu sedang merawat anak, maka sang ayah berkewajiban penuh untuk mencari biaya untuk perawatan bayinya dan selalu ada untuk mendampingi istrinya, karena ketika masa-masa tersebut, sang istri memerlukan yang namanya bimbingan dan perhatian seorang suami untuk membuatnya semangat dan semakin bahagia. Adakalanya juga , ayah yang bijak sudah meminjam dulu uang, atau mengumpulkan uang sebanyak mungkin untuk mempersiapkan masa tersebut . Sehingga , sang ayah dapat mengawasi istrinya dalam merawat, ikut membesarkan anaknya dan ikut dalam masa-masa indah tersebut.

Termasuk dapat membimbing istrinya dalam tahap “ menyusui “ bayi mereka , karena ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh seorang ibu ketika sang ibu dalam tahap menyusui anaknya. Beberapa pantangan tersebut antara lain :

 

1. Dilarang Minum Es

Ini adalah pantangan untuk ibu yang menyusui. Yakni dilarang minum es. Karena es bisa menyebabkan batuk , yang bisa menganggu sang ibu dalam menyusui.

 

2. Dilarang Makan Makanan Pedas

Ini adalah juga pantangan yang perlu dihindari. Karena makanan pedas bisa menganggu kesehatan sang ibu , dan itu bisa berdampak bagi proses menyusui.

 

3. Minuman Berkafein

Meminum berkaefien tidak hanya membuat kesehatan tubuh tergangu terlebih lagi pada massa dimana seorang ibu sedang memberikan asih kepada bayinya hal ini akan membuat bayi menjadi rewel dan susah tidur, maka wajib hukumnya untuk di hindari bagi ibu yang sedang menyusui.

 

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau junk food memiliki kadar cholesterol dan lemak yang sangat tinggi, hal itu akan menyebabkan kesehatan pada tubuh akan menurun, oleh sebab itu sewajarnya seorang ibu yang sedang menyusui harus menghindari makanan cepat saji ini karna akan berdampak kulitas ASI yang akan diberikan kepada sang bayi.

 

5. Jenis ikan tertentu

Dengan keadaan laut yang tercemar maka  banyak sekali ikan yang sudah terkontaminasi oleh merkuri di anjurkan bagi ibu yang menyusui untuk emnghindari untuk di konsumsinya karna sangat berdampak langsung kepada kualitas ASI seorang ibu, Kandungan mercuri yang terdapat pada ikan dan kerang memberikan dampak pada perbekmbangan otak dan saraf si bayi.

 

Dan beberapa pantangan seperti mengkonsumsi alcohol , sudah harus dihindari. Semoga membantu !

Terima kasih telah membaca artikel tentang larangan ibu menyusui, yang diharamkan selama menyusui. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *