Obat Untuk Gusi Bengkak karena Tumbuh Gigi Mujarab

Posted on

Obat untuk Gusi Bengkak karena Tumbuh Gigi Mujarab Bagi Dewasa dan Anak-anak – Jika anda sedang mengelami masa tumbuh gigi, tentunya anda sangat membutuhkan obat untuk gusi bengkak karena tumbuh gigi mujarab bagi anda yang sedang menderita pembengkakan gusi. Gigi memiliki bentuk dan jenis yang beragam seperti gigi susu, gigi geraham, gigi taring dan gigi seri. Setiap manusia memiliki struktur susunan gigi yang berbeda.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Obat Untuk Gusi Bengkak karena Tumbuh GigiGigi pada manusia akan terus bertambah dan berubah strukturnya dari balita hingga anda dewasa. Gigi susu akan tumbuh hanya ketika anda sedang berada pada fase balita dan akan digantikan dengan gigi seri ketika anda sudah memasuki fase remaja. Jumlahnya pun akan terus bertambah hingga mencapai jumlah rata-rata maksimal gigi orang dewasa yaitu sebanyak 32 gigi. Pada fase remaja hingga dewasa biasanya akan tumbuh gigi tetap, sebutan dalam dunia kedokteran gigi, atau biasa juga disebut dengan gigi bungsu. Pertumbuhan gigi tetap ini bisa memberikan efek samping rasa sakit dan bengkak tergantung pertumbuhan gigi tersebut normal atau tidak.

Penyebab Gusi Bengkak dan Sakit Tenggorokan

Baik sakit gigi karena gigi berlubang, linu akibat gigi sensitif maupun nyeri akibat pembengkakan gusi semuanya pastilah terasa sangat mengganggu kegiatan anda. Selain itu, penyakit yang berhubungan dengan mulut dan gigi bila dibiarkan bukan hanya akan memberikan dampak terhadap kesehatan rahang, gusi, gigi dan mulut namun juga berdampak pada kesegaran nafas anda.

Oleh karena itu hendaknya anda segera melakukan tindakan antisipasi jika anda maupun anggota keluarga anda mengalami sakit gigi atau pembengkakan gusi. Jika anda memutuskan untuk tidak berkonsultasi dan memeriksakan nyeri anda pada dokter gigi maka meminum ramuan garam dengan air hangat secara rutin pun dapat menjadi salah satu alternatif obat untuk gusi bengkak karena tumbuh gigi mujarab dalam mengatasi nyeri.

Ada beberapa penyebab mengapa gusi menjadi bengkak, dan yang paling sering ditemui adalah seperti yang ada di bawah ini:

Gusi Bengkak Karena ada Peradangan

Biasanya gusi yang bengkak terjadi karena adanya infeksi, dan infeksi terjadi karena adanya masalah terhadap kebersihan gusi itu sendiri. Banyaknya plak yang terbentuk dari sekumpulan bakteri misalnya yang dapat membuat gusi jadi tidak bersih, bisa jadi karena jarang sikat gigi, jika hal ini dibiarkan maka akan timbul rasa sakit pada gusi karena plak-plak tersebut tumbuh dan menusuk-nusuk bagian gusi. Jika tidak segera diobati maka akan timbul peradangan.

Gusi Bengkak Karena Kehamilan

Pada saat ibu hamil, maka hormon yang ada pada tubuh akan membuat aliran darah meningkat pada gusi, hal ini akan dapat mengakibatkan gusi pada ibu hamil mengalami iritasi, dan semakin lama akan menyebabkan bengkak pada gusi. Ketika gusi meradang disebabkan oleh perubahan aktifitas hormonal maka gusi akan mulai terasa sakit.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi

Gusi bengkak biasa terjadi karena mengalami peradangan sehingga membuat warnanya agak sedikit merah dari gusi sekitarnya. Pertumbuhan gigi bungsu pada orang tua biasanya terjadi di bagian paling belakang rahang, sementara pergantian gigi susu biasanya terjadi pada anak-anak namun keduanya dapat memberikan rasa nyeri yang tidak nyaman.

Jika gusi anda bengkak, anda pasti akan merasa sangat tidak nyaman untuk berbicara, mengunyah dan akan merasakan linu ketika sedang menyikat gigi. Pembengkakan gusi pada masa pertumbuhan gigi tetap merupakan hal yang awam terjadi, namun anda dapat mengurangi rasa nyeri tersebut dengan mengonsumsi obat untuk gusi bengkak karena tumbuh gigi mujarab bagi dewasa dan anak-anak.

Rasa sakit dan nyeri yang diderita ketika sedang tumbuh gigi dikarenakan ujung gigi masih tertutup bagian gusi, sehingga gusi anda terasa luka dan sangat sensitif. Terlebih lagi sisa-sisa makanan yang menempel di dinding gusi tersebut semakin menambah rasa linu pada gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Berair Secara Alami Tradisional Agar Cepat Kempes

Obat untuk gusi bengkak haruslah tepat. Yang direkomendasikan para ahli untuk meredakan rasa sakit karena cabut gigi ataupun karena geraham bungsu tumbuh. Obat untuk gusi bengkak karena tumbuh gigi dapat anda obati dengan bahan-bahan yang sederhana, hal ini dapat menjadi alternatif jika anda enggan pergi ke dokter gigi.

  1. Anda bisa menggunakan ramuan obat kumur, obat kumur yang paling mudah dibuat bisa dari bahan larutan garam dan air hangat, manfaat ramuan ini adalah berguna untuk membersihkan bagian gigi, gusi, dan juga bagian rongga mulut dari bakteri gusi. Anda dapat mencapurnya dengan air hangat, segeralah berkumur dengan air garam hangat tersebut jika gusi anda terasa sedang nyeri. Metode ini mungkin tidak akan secara instan mengempiskan pembengkakan pada gusi anda namun dapat cukup meredakan nyeri. Air garam ini juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang berada dalam masa pergantian gigi susu.
  2. Minum banyak air putih, hal ini dimaksudkan untuk membasahi rongga dalam mulut, hal ini dimaksudkan agar bakteri penyebab pembengkakan yang ada di mulut terbunuh oleh air liur yang dirangsang dengan meminum banyak air putih.
  3. Lakukanlah gosok gigi secara teratur dan benar, jangan sampai melukai gusi, gunakan sikat gigi yang lembut dan tidak menyakiti gusi.
  4. Jangan menggunakan obat kumur yang dapat menyebabkan gusi bengkak.
  5. Berhentilah merokok dan juga berhentilah mengkonsumsi alkohol, karena dua hal tersebut sangat sensitif untuk gusi yang sedang bengkak.
  6. Pemijatan ringan untuk gusi yang sakit, lakukanlah dengan perlahan dan lembut.
  7. Kompres dengan kain yang di celup air hangat pada bagian pipi yang dekat dengan gusi yang sakit, cara ini akan mengurangi rasa sakit gusi yang sedang bengkak.

Sebenarnya obat untuk gusi bengkak karena tumbuh gigi mudah didapat, dan lebih mujarab jika obat tersebut merupakan resep dokter. Jika keluhan nyeri anda atau anak anda semakin menjadi, jangan tunda untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Anda sebaiknya tidak menyepelekan nyeri yang terlalu lama dan berlebihan, karena bisa terdapat kemungkinan bahwa gigi yang sedang tumbuh tersebut berada dalam posisi yang tidak wajar sehingga perlu dilakukan rontgen atau bahkan operasi kecil pencabutan gigi.

Terima kasih telah membaca artikel tentang obat gusi bengkak karena tumbuh gigi, cara mengobati gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.