Pecahkan Rekor Dunia, 120 Ribu Orang Ikut Senam Sehat

Posted on

Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) adalah sebuah gerakan bersama masyarakat untuk melaksanakan hidup sehat. Gerakan ini terselenggara di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tercatat 120 ribu orang melaksanakan senam bersama. Jumlah ini bukan hanya memecahkan rekor MURI bahkan juga rekor Dunia. Khusus untuk Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta diselenggarakan senam massal di Bundaran Indonesia, hingga jalan Iman Bonjol, jalan Sudirman, jalan Thamrin dan sekitarnya yang diikuti lebih dari 22.000 orang.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Pecahkan Rekor Dunia, 120 Ribu Orang Ikut Senam Sehat

Menurut Jaya Suprana, kegiatan ini merupakan rekor dunia senam peregangan kesehatan terbesar yang pernah terjadi. Saat ini Menkes Nila Moeloek menerima piagam Muri langsung dari Jaya Suprana. Senam sehat bersama ini diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, yang jatuh pada hari Minggu, 12 November 2017.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Acara senam sehat ini juga dimeriahkan dengan lomba gerak jalan sehat sebanyak 23 Tim dari Kementerian dan Lembaga. Mereka akan diseleksi menjadi tiga besar untuk memperoleh hadiah dari panitia HKN. Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Wakil Kedutaan Negara Tetangga, Organisasi Masyarakat dan masyarakat luas.

Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengatakan kegiatan Peringatan HKN ke-53 yang mengambil tema Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku, mengimbau kepada masyarakat untuk hidup sehat dengan banyak makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, istirahat cukup, serta berolah raga secara teratur, salah satunya olah raga senam sehat. Senam sehat olahraga yang bersifat universal, artinya dapat diikuti oleh siapapun baik anak-anak, pemuda, orang tua, bahkan manula. Berbeda dengan olah-raga yang lainnya senam sehat dapat dilakukan dimana saja tidak perlu membutuhkan lapangan atau medan khusus. Senam sehat disamping mudah juga gratis sehingga setiap orang dapat melakukannya setiap saat.

Acara HKN yang digelar kali ini juga dimeriahkan dengan adanya bazar buah dan sayur dari berbagai unit kesehatan dan daerah, di antaranya ada buah jeruk dari Kabupaten Sambas. Kegiatan puncak HKN ini juga menyelenggarakan senam sehat bersama yang dilanjutkan dengan makan buah dan sayur yang juga dihadiri oleh peserta tour Sabang Jakarta dengan jarak 3000 kilometer. (jpp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.