11 Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

Posted on

11 Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat – Penyakit diabetes atau yang biasa disebut juga dengan penyakit kencing manis atau diabetes mellitus adalah suatu kondisi di mana terjadi masalah kelainan pada sistem insulin karena kadar glukosa di dalam darah yang jumlahnya berlebih. Penyakit diabetes memiliki 2 jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Walaupun keduanya masih terkait dengan gula darah yang berlebih, tetapi keduanya memiliki perbedaan mendasar yang perlu Anda ketahui, yaitu penyebab, gejala, dan cara mencegahnya.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Diabetes tipe 2 ini lebih banyak dialami oleh orang dewasa yang berusia 35 tahun ke atas. Seiring dengan berjalannya waktu, penderita diabetes mellitus tipe 2 tidak hanya terjad kepada orangtua saja, tetapi juga terjadi pada anak muda yang berusia 25 bahkan 20 tahun ke atas. Penyebab umum dari terjadinya penyakit diabetes tipe 2 adalah pola makan yang kurang tepat serta tidak teratur, juga karena jarang melakukan olahraga.

Gejala diabetes tipe 2 ini tidak mudah untuk dikenali sebelum keluar hasil diagnosi. Cara yang paling mudah untuk mengatahinya adalah dengan melakukan tes gula darah. Jika hasilnya positif menderita diabetes, maka cara mengobatinya diawali dengan minum obat oral atau obat telan, mengubah pola hidup seperti makan yang teratur, perbanyak olahraga, mengurangi asupan berkarbohidrat dan melalui pengurangan berat badan.

Karena sulitnya untuk mendeteksi tubuh terjangkit diabetes atau tidak, maka Anda dapat melihat daftar gejala diabetes tipe 2 berikut ini.

Gejala Diabetes

1. Mengalami Mati Rasa

Di dalam banyak kasus diabetes yang terjadi pada sebagian orang, hampir semuanya mengalami gajala yang sama, yaitu mati rasa. Dan bagian tubuh yang sering mengalami mati rasa (kebas) atau kesemutan yaitu kaki, tangan, serta jari-jemarinya. Gejala awal diabetes ini terjadi karena meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga membuat saraf mengalami kerusakan.

2. Menjadi Lebih Sering Buang Air Kecil

Penderita diabetes sering mengalami peningkatan dalam membuang air kecil. Jika suatu waktu Anda mengalami hal yang serupa, segera konsultasi sedini mungkin pada dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang lebih cepat juga terkontrol.

3. Berat Badan Menjadi Berkurang

Mungkin ini menjadi kabar baik bagi orang yang memiliki masalah dengan kegemukan atau obesitas. Tetapi, jika melihat faktor penyebabnya karena diabetes, tentu hal ini akan membuat Anda menjadi semakin khawatir. Terjadinya berat badan yang menurun ini memiliki kaitan yang erat pada penderita, karena tubuh tidak dapat menyerap glukosa yang merupakan sumber energi dengan benar.

4. Nafsu Makan Menjadi Meningkat

Meningkatnya rasa ingin makan bisa menjadi gejala lainnya dari diabetes. Rasa lapar ini tidak dikendalikan, karena sinyal lapar yang dikirim oleh tubuh harus dipenuhi keinginannya supaya seluruh sel dapat berfungsi dengan baik sebab mendapatkan asupan glukosa yang lebih banyak.

Rasa lapar yang tidak bisa dikendalikan bukan karena sel-sel di dalam tidak mendapatkan asupan dari glukosa, tetapi karena makanan yang telah ditelan ditidak bisa masuk ke dalam sel untuk digunakan dalam proses metabolisme, sehingga timbul lah respon dari dalam tubuh seperti lapar.

5. Penglihatan Mata Kabur atau Buram

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Gejala ini merupakan keluhan umum penderita diabetes tipe 2. Penglihatan yang menjadi kabur atau buram tidak seperti biasanya, ini terjadi karena kadar glukosa yang meningkat, sehingga menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah serta membatasi cairan yang masuk pada mata. Kondisi seperti ini dapat mengubah bentuk lensa juga mata.

Kabar baiknya, gejala ini bersifat reversibel (bisa kembali normal) seiring berkurangnya jumlah kadar gula darah di dalam tubuh sampai batas yang wajar. Tetapi, jika gula darah masih tinggi, maka kelainan pada ini dapat berujung pada masalah kebutaan permanen.

6. Masalah Kulit

Diabetes dapat mempengaruhi sirkulasi darah, serta dapat membuat kelenjar keringat mengalami masalah disfungsional, sehingga membuat kulit menjadi terasa gatal, kering, bersisik, dan iritasi. Gejala diabetes yang satu ini tidak mudah dideteksi sebagai diabetes, karena banyak sekali penyebab dari gejala penyakit lain yang membuat kulit bermasalah seperti ini.

7. Kelelahan dan Mudah Emosi

Gejala diabetes berikutnya yaitu kelelahan dan mudah emosi. Munculnya rasa lelah ini bukan tanpa sebab. Ketika sedang tidur, panderita diabetes akan merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Sering kali terbangun untuk buang air kecil dan minum air, sehingga membuat tidur tidak berkualitas. Lalu pada esok barinya tubuh menjadi kelelahan dan tidak jarang mengundang emosi.

8. Rasa Haus

Sebelumnya sudah dijelaskan, bahwa gejala diabetes yaitu menjadi sering buang air kecil. Meningkatnya dorongan untuk buang air kecil dapat mempengaruhi cairan yang berada di dalam tubuh, sehingga menyebabkan terjadinya masalah dehidrasi. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan akan memberikan respon yang berupa rasa haus, yang bertujuan untuk mengembalikan cairan yang sudah hilang.

9. Lambatnya Proses Pemulihan Luka

Terdapatnya sebuah luka saat keadaan tubuh sedang tidak baik, seperti gula darah yang berlebih dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi tidak normal. Tentu saja hal ini dapat mempengaruhi proses pemulihan luka atau memar menjadi memakan waktu yang lebih lama dari biasanya.

10. Terjadi Gangguan Pada Gusi

Dari berbagai kejadian-kejadian yang sudah berlalu, para penderita diabetes lebih rentan mengalami kerusakan pada gusi. Misalnya seperti gusi mengalami pembengkakan, menjadi merah, juga iritasi. Bahkan ada pula yang merasakan gusinya mengalami penyusutan dari gigi, sehingga terjadilah infeksi gusi.

11. Terjadi Infeksi Jamur

Diabetes dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh pada penderitanya. Sehingga tubuh menjadi rentan pada berbagai serangan bakteri dan jamur candida. Selama sistem imun tidak siap dalam membentengi tubuh, maka semakin banyak jumlah bakteri dan jamur yang masuk ke dalam tubuh. Jika sudah demikian, maka masalah yang harus diwaspdai, khususnya bagi wanita akan mengalami masalah keputihan efek dari infeksi candida (jamur).

Demikian penjelasan mengenai 11 Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat. Tentu, dengan mengetahui gejala tersebut, membuat kita lebih peduli lagi betapa pentingnya pola hidup yang sehat, juga sebagai pencegahan dini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

(WikiSehat.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.